Sabtu, 14 Desember 2019

Atasi Telinga Berdenging dengan 3 Bahan Alami yang Aman


Dalam dunia medis, telinga berdenging disebut dengan tinnitus dan memiliki beragam faktor penyebab. Biasanya, suara dengingan hanya berlangsung sebentar dan akan hilang dengan sendirinya. Pada kasus tertentu frekuensinya boleh jadi lebih sering dan durasinya lebih lama sehingga harus diwaspadai sebagai penanda suatu penyakit. Namun, tinnitus dapat dicegah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Atasi Telinga Berdenging dengan 3 Bahan Alami yang Aman

Bahan Alami untuk Mengatasi Telinga Berdenging

1.    Daun kemangi
Salah satu penyebab telinga yang berdenging adalah menumpuknya kotoran yang mengakibatkan penyumbatan. Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan memperburuk kondisi telinga. Pembersihan menggunakan cotton bud tidak begitu disarankan, sebagai gantinya Anda dapat memanfaatkan daun kemangi sebagai obat tetes telinga. Kandungan daun kemangi dapat membantu membersihkan telinga bagian dalam dengan aman.

Cara memanfaatkan daun kemanginya pun mudah. Pertama, ambil daun kemangi secukupnya kemudian rebus namun jangan sampai airnya habis. Setelah itu, air perasan kemangi tersebut diteteskan secara perlahan ke bagian telinga. Cukup satu tetes saja, jangan terlalu banyak. Praktekkan hal tersebut saat Anda merasa perlu membersihkan telinga atau saat dengingan muncul.

2.    Jahe
Telinga yang kerap berdenging, biasanya dapat juga disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit sehingga aliran darahnya tidak terlalu lancar. Cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan jahe karena kandungannya dapat memperlancar peredaran darah. Namun, jahe bukan lagi digunakan sebagai obat tetes seperti daun kemangi melainkan diminum secara rutin untuk meminimalisir dengingan.

Cara pengolahan menjadi minuman jahe yaitu: 1) ambil satu atau dua ruas jahe kemudian bersihkan; 2) memarkan jahe; 3) rebus selama kurang lebih 15 menit; dan 4) siap diminum dalam keadaan hangat. Selain mengatasi dengingan dengan melancarkan peredaran darah ke bagian telinga, mengonsumsi jahe juga baik untuk kesehatan keseluruhan tubuh.  

3.    Minyak kelapa murni
Satu lagi bahan alami yang memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan yaitu minyak kelapa murni. Kandungan antioksidan yang banyak terdapat pada minyak kelapa murni mampu memerangi bakteri atau partikel asing lain yang menyebabkan infeksi pada telinga. Infeksi itulah yang merupakan salah satu penyebab munculnya suara dengingan.

Minyak kelapa murni tidak digunakan sebagai obat tetes atau diminum tetapi digunakan sebagai obat oles. Anda hanya perlu menuangkan minyak kelapa pada kapas yang memiliki permukaan lembut. Setelah itu, oleskan pada bagian telinga secara perlahan. Apabila terpaksa menggunakan cotton bud, maka jangan sampai memasukkannya terlalu dalam. Hindari menggunakan jari secara langsung.

Dengan mengetahui cara mengatasi telinga yang berdenging menggunakan bahan alami, maka akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan pertolongan pertama. Pilihannya pun beragam, apakah lebih suka bahan alami sebagai obat tetes, obat oles, atau diminum. Namun, apabila dengingan terus menerus berlanjut, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.